Al Ikhlas

sebuah kata akan lebih bermakna apabila kita memahaminya

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤

terkadang kita tidak menyadari ilmu agama yang kita miliki hanya untuk diri kita sendiri. padahal, betapa indahnya jika kita mampu membagi ilmu untuk sesama. barakallah..

mari kita mendekat kepada Allah melalui sebuah surat. surat yang mampu menggetarkan hati dengan setiap arti makna isi didalamnya. kita mungkin sering mendengar dan bahkan kitapun menghafal surat ini. sahabat shalilah namun taukah? sebuah hafalan tak akan ada artinya tanpa mengetahui makna dan kandungan yang terdapat didalamnya. cobalah memahami dan mengenal Tuhan kita melalui sifatNya dan.. seorang sahabat bahkan pernah membaca surat ini berkali kali. bukan karena ia tidak mengetahui ada surat lain di Al Quran yang bisa dibaca. namun taukah? tergetar hati, jatuhnya air mata karena ia membaca bukan karena suratnya. namun makna dan cintanya kepada Tuhannya yang membuat ia selalu ingin mengingat sifatNya

“Katakanlah, Dialah Allah Yang Maha Esa”

“Aku tidak miskin, tidak gila, tidak ingin kepada wanita. Aku adalah Rasul Allah, mengajak kamu meninggalkan penyembahan berhala dan mulai menyembah Allah Yang Maha Esa”, kemudian mereka mengutus utusannya yang kedua kalinya dan bertanya kepada Rasulullah. Terangkanlah kepada kami macam Tuhan yang engkau sembah itu. Apakah Dia dari emas atau perak?”, lalu Allah menurunkan surah ini. (HR. Dahhak)

“Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu”

Wahai ananda, saya akan mengajarkan kepadamu beberapa perkara: Jagalah Allah), niscaya dia akan menjagamu, Jagalah Allah niscaya Dia akan selalu berada dihadapanmu). Jika kamu meminta, mintalah kepada Allah, jika kamu memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah sesungguhnya jika sebuah umat berkumpul untuk mendatangkan manfaat kepadamu atas sesuatu, mereka tidak akan dapat memberikan manfaat sedikitpun kecuali apa yang telah Allah tetapkan bagimu, dan jika mereka berkumpul untuk mencelakakanmu atas sesuatu , niscaya mereka tidak akan mencelakakanmu kecuali kecelakaan yang telah Allah tetapkan bagimu. Pena telah diangkat dan lembaran telah kering. (Riwayat Turmuzi no. 2516dan dia berkata : Haditsnya hasan shahih).

“Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan”

Dia tidak beranak sebagaimana Maryam melahirkan Isa A.S. dan tidak pula diperanakkan. Ini adalah bantahan terhadap orang-orang Nasrani yang mengatakan Isa Al Masih adalah anak Allah dan bantahan terhadap orang-orang Yahudi yang mengatakan Uzair adalah anak Allah. -Ibnu Abbas

Tanyakanlah (ya Muhammad) kepada mereka (orang-orang kafir Mekah) “Apakah untuk Tuhanmu anak-anak perempuan dan untuk mereka anak-anak laki-laki, atau apakah Kami menciptakan malaikat-malaikat berupa perempuan dan mereka menyaksikan (nya)? Ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka dengan kebohongannya benar-benar mengatakan: “Allah beranak”. Dan sesungguhnya mereka benar-benar orang yang berdusta. (Q.S. As Saffat: 149-152).

“Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”

[He is] Creator of the heavens and the earth. He has made for you from yourselves, mates, and among the cattle, mates; He multiplies you thereby. There is nothing like unto Him, and He is the Hearing, the Seeing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s